Isran Noor Center
Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim yang bakal digelar 26 Juni 2013 mendatang diprediksi bakal berlangsung dua putaran.
Ketua Forum Kepedulian Kota (Forkkot) Kaltim Akhmad Zailani mengungkapkan, meski mayoritas lembaga survey nasional maupun daerah selama ini mengunggulkan calon incumbent dalam hal ini Awang Faroek Ishak yang akan berpasangan dengan Mukmin Faisjal masih memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan kandidat lainnya, hal itu dinilai belum bisa dijadikan acuan bagi incumbent untuk bisa memenangi Pilgub satu putaran.

"Prediksi saya Pilgub Kaltim 2013 nanti bakal berlangsung dua putaran. Pasalnya AFI nantinya bakal mendapat lawan kuat dalam hal ini Isran Noor yang bakal berduet dengan Imdaad Hamid. Jadi meski hasil survei selama ini memenangkan AFI, hal itu bukan jaminan incumbent bakal menang mudah," papar Akhmad Zailani, kemarin. Menurutnya, ada beberapa faktor yang bisa menjadi pengikis basis massa yang selama ini menjadi pendukung AFI. Salah satunya keputusan AFI meninggalkan Farid Wajdy yang telah setia mendampinginya memimpin Kaltim periode sebelumnya.

"Keputusan AFI meninggalkan Farid Wajdy bakal berdampak pada berkurangnya simpati masyarakat, terlebih lagi teman-teman warga Nahdlatul Ulama (NU) di Kaltim juga telah tegas menyatakan tidak akan memberikan suara untuk AFI. Jadi jika terlena dengan hasil survei AFI akan bernasib sama seperti Foke di Pilgub Jakarta," jelasnya.

Dikatakan, Isran Noor-Imdaad Hamid berpotensi kuat menjadi kuda hitam di Pilgub Kaltim nanti, terlebih lagi dengan kesiapan modal kampanye yang bisa menandingi AFI, keberadaan Isran-Imdaad bakal menjadi batu sandungan serius bagi duet Awang-Mukmin.

"Meski tidak seperti figur Jokowi-Ahok di Pilgub DKI Jakarta lalu, namun AFI harus mewaspadai keberadaan pasangan Isran-Imdaad, terlebih lagi dari segi finansial, mereka sangat kuat, jadi cukup masuk akal jika nantinya Pilgub Kaltim berlangsung dua putaran," tegasnya.

Pilgub Kaltim putaran kedua telah diagendakan KPUD Kaltim berlangsung 23 September 2013 mendatang.(uno)

Sumber: koran-kaltim.co.id